Saturday, July 10, 2010

Stop Merokok....!!!!!


Meskipun kelihatannya tidak seseram narkoba dan alkohol, bukan berarti remaja boleh merokok dan kecanduan. Sama sekali TIDAK! Meski dengan cara yang lebih halus, dalam jangka panjang rokok memiliki dampak yang sama dengan miras dan narkoba. Yaitu, merusak system kekebalan tubuh, menyebabkan kanker, impotensi, gangguan pernafasan dan pencernaan, dan gangguan kehamilan serta janin. Asap rokok juga menyebabkan kerusakan paru-paru yang telah merenggut banyak sekali nyawa manusia. Nah, seram kan? Makanya jangan sampai jadi perokok. Selain menguras kantong, menyia-nyiakan uang hanya untuk menjadikannya asap dan abu, merokok juga bisa menimbulkan kecanduan yang akut. Jangan lupa, merokok juga membuat lingkunganmu menjadi perokok pasif, artinya kamu juga bisa membuat orang-orang yang tidak merokok juga merasakan penderitaan seperti para perokok. Kalau sampai mereka sakit, bayangkan beban rasa bersalah yang harus ditanggung para perokok.
Kalau kamu sudah mulai kecanduan merokok, segera atasi dengan satu hal yaitu BERHENTI. Sulit? Ya. Tapi meski sulit, berhenti merokok adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk dirimu sendiri.
Bagaimana caranya? Inilah dia:
• Putuskan bahwa kamu benar-benar siap berhenti.
• Mintalah nasihat dokter cara menghentikan kebiasaan merokok dan alat-alat yang dibutuhkan untuk berhenti merokok (bila ada).
• Tentukan tanggal pasti kamu akan mulai berhenti, dan jangan pernah melanggarnya sekalipun.
• Cari teman atau bergabung dengan kelompok yang akan mendukungmu untuk berhenti merokok.
• Siapkan dirimu dan lingkungan sekitarmu; buang semua hal yang berkaitan dengan rokok, dan beritahu orang-orang di sekitarmu bahwa kamu sedang berjuang menghentikan kebiasaan merokok. Ini bisa mencegah orang lain menggodamu dengan mengisap rokok di depanmu.
• Buat daftar alasan kenapa kamu berhenti merokok dan bacalah setiap kali kamu tergoda untuk merokok.
• Lakukan gaya hidup sehat: minumlah banyak air, pilih makanan-makanan sehat, dan berolahraga secara teratur; semua ini akan benar-benar membantumu!
• Rayakan keberhasilanmu, toh kamu punya sisa uang sekarang (yang dulunya untuk jatah beli rokok!)
• Rencanakan apa yang akan kamu lakukan saat kamu sedang tergoda alias kepingin merokok. Ini akan membantu mengendalikan hasrat merokokmu. Alihkan perhatianmu dari rokok. Misalnya ganti rokok dengan ngemil makanan sehat, atau dengan menyetel musik favorit, atau jalan-jalan. Atau bisa juga dengan ngobrol hal-hal positif bersama teman-teman yang tidak merokok.
• Ketahui kalau tergoda lagi, itu bukan berarti kamu gagal, tapi tetaplah bersikap positif dan teruskan diet merokokmu.

No comments: