Saturday, July 17, 2010

Mimpi Diatas Cinta


Bagi pemuda yang “Mendunia” mungkin cinta dimasa muda itu adalah urusan urgen yang harus segera dipenuhi. Tidak bisa lepas dan harus bisa memperoleh cinta tersebut, bila ditolak dukunpun bertindak (promosi seorang dukun).

Kenapa demikian, banyak motiv dibelakang kejadian tersebut. Ada yang mengatakan, “ini adalah waktunya, ntar kalo nggak bisa ketinggalan jaman” “aku tak bisa lepas dari perasaan ini, dan harus diungkapkan”, ada juga motiv karena teman. Dan yang lebih parah hanya ingin mencoba-coba.

Kawan, ingatkah kalian saat berumur 120hari dalam kandungan bahwa tuhan kita Allah S.W.T telah menetapkan empat perkara bagian kita didunia. Yaitu Rizki, ajal, amal,dan kecelakaan atau kebahagiannya, seperti yang tertulis dalam hadist Rosululloh:
” Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud radiallahuanhu beliau berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam menyampaikan kepada kami dan beliau adalah orang yang benar dan dibenarkan : Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya sebagai setetes mani selama empat puluh hari, kemudian berubah menjadi setetes darah selama empat puluh hari, kemudian menjadi segumpal daging selama empat puluh hari. Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara : menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya. Demi Allah yang tidak ada Ilah selain-Nya, sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli surga hingga jarak antara dirinya dan surga tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli neraka maka masuklah dia ke dalam neraka. sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli surga maka masuklah dia ke dalam surga.” (Riwayat Bukhori dan Muslim).

Tapi kadang nafsu menutupi kita dari keyakinan ini, sehingga banyak orang yang merasa sedih, merasa hina, dan kadang merasa aku adalah orang yang ”Ter.... (jelek, menyedihkan, asingkan, dan ter ter yang lain). Yang paling akut adalah ketika terlepas dari keyakinan tersebut dan merasa sedih ketika belum ada lawan jenis yang mau diajak jadian, atau berkali-kali kena tolak. Bahkan bisa sampai pada penghianatan hidup atau bahasa ilmiahnya “bunuh diri”. Na’udzubillah.

Kawan, tak salah kita mencintai, karena cinta dan dicinta adalah fitroh kita manusia. Yang salah adalah, ketika cinta itu dapat mengganggu kita dari urusan-urusan yang seharusnya sangat bagus untuk kita memaksimalkan potensi diri kita, mengganggu aktivitas-aktivitas kita yang bermanfaat bagi masa depan kita dan akan membawa kebahagiaan juga untuk pasangan kita kelak saat waktunya tiba.

Naluri seorang pencinta adalah ingin membahagiakan sesuatu yang dicintainya, ingin agar dia merasa sempurna saat berada disamping kita. Tapi pada nyatanya, banyak kawan-kawan kita yang mengingkari hal tersebut. Cantiknya bukan asli melinkan paksaan, tampannya hanya ingin menarik simpatinya bukan karena pribadinya. Apa yang dia sandang dan perlihatkan untukmu terkesan dibuat-buat, bukan dari dalam hatinya. Apakah semua itu akhirnya akan menggembirakan pasangan kita, padahal datang dari sebuah ketidaktulusan. Itulah gambaran sedikit tentang cinta remaja atau cinta yang tidak tepat pada waktunya, ingin terlihat perfect dimata kekasih diluar kemampuan yang sesungguhnya.


Ada sebagian orang yang mengatakan (termasuk penulis tapi tempo dulu waktu masih imut-imut ^_^) bahwa berhubungan dengan lawan jenis yang bahasa ilmiahnya dikatakan sebagai pacaran bisa membuat si pelaku bersemangat dalam berabagai hal termasuk dalam penyemangat mereka belajar dan meraih prestasi. Tapi mari kita berpikir agak lama, apa benar argument tersebut?. Karena secara sekilas pasti kebanyakan kawan kita akan mengatakan “saya setubuh eh setuju” mungkin dengan semangat 45 dalam menjawabnya.

Mari kita menguraikan kejadian-kejadian saat kita pacaran. Kita mulai dari ”melamun”, orang yang hatinya penuh bunga pasti akan sering melamun membayangkan si dia yang membuat hatinya bak taman bunga nan indah, mereka masuk kedalam kamarnya, membayangkan si dia, senyumnya, matanya, rambutnya yang terurai semua menjadi objek lamunannya, yang menjadikan ia tiba-tiba menjadi gila. Kenapa gila, y karena tak ada angin tak ada sule tiba-tiba senyum. Aneh kan??. Jika dalam sehari waktu yang digunakan untuk melamun adalah 30mnit (dalam kamar), 10mnit(jam sekolah) dalam seminggu bisa di kalkulasikan kerugiannya 4jam dikali sebulan 16jam atau 2hari kurang sedikit. Jika dalam setahun, bisa dibayangkan waktu yang seharusnya terisi oleh hal yang dapat mengembangkan kemampuan kita untuk menjadi idola yang sesungguhnya malah terbuang sia-sia oleh lamunan gombal yang masih diragukan keasliannya.

Saat putus asa, saat cemburu, saat didera konflik klimaksnya saat terjadi broken heart. Duh berapa waktu tuh yang akan kita buang, saat melamun saja dah jelas kerugian kita. Selain rugi waktu, rugi energi, yang seharus dibutuhkan untuk pertumbuhan malah dipakai untuk hal yang tidak-tidak ^_^. So, masihkah dapat dikatakan menambah semangat?. Jawab dengan sirr jangan sampai ada yang tahu termasuk penulis, biar Allah sajalah yang tahu. Penulis gak mau jadi saksi misal menjawab setuju dengan pendapat penulis tapi masih saja melakukan, dikarenakan penulis pun merasa berat menjadi saksi pada diri sendiri esok saat hisab tiba.

Jika dilihat memang masih ada benarnya bahwa pacaran dapat membuat kita semangat, namun sangat kecil sekali dukungan tersebut, kita harus ingat bahwa masalah yang akan kita hadapi jauh lebih besar dari apa yang kita angankan. Jadi manfaatkan waktumu semaksimal mungkin sekarang,dan terus perbaiki diri kepada Allah meminta hari esok agar diridhoi dan membahagiakan dengan pasangan tanpa sebuah skenario palsu yang sering kita temukan dalam hubungan yang seharusnya belum kita jalani.

Pesan untukmu wanita idaman:
Wahai wanita idaman, jangan kau merasa risau akan jodohmu. Ketahuilah, lelaki yang idaman lagi lembut hatinya, tak akan terpaut oleh wanita hanya dari kecantikannya, manis senyumnya, tutur katanya yang indah namun kelam. Telah terukir satu nama lelaki untukmu di garis takdirmu, dan kepribadiannya tergambar oleh kepribadianmu. Tetaplah berjalan diatas jalan yang diridho-Nya, insya Allah dia turut dijalanmu, jalan yang indah dan menistakan kepalsuan.

Pesan untukmu lelaki idaman:
Wahai lelaki gagah nan teridamkan, janganlah kau lemah keyakinan akan jodohmu. Yakinilah, bahwa wanita idaman tak akan terpaut oleh lelaki hanya pada kegagahanya, hanya melihat yang dia sandang, lembut rayu untuknya yang mampu menerbangkannya bak kesurga. Telah terukir satu nama wanita untukmu digaris takdirmu. Dan kepribadiannya tergambar oleh kepribadianmu. Tetaplah mengistiqomahkan diri menjadi gagah tanpa kepalsuan, menjadi lelaki yang siap membahagiakan. Insya Allah dia turut dijalanmu, jalan yang indah dan jauh dari kepalsuan.

dalam akhir tulisan mari kita lantunkan syair keindahan agar kekuatan tersembunyi itu hadir dalam usaha meraih mimpi itu, mimpi diatas sebuah cinta.

Allohumma inna nas-alukats-tsabaata fil amri wan as-aluka ‘aziimatar-rusydi wan as-aluka syukro ni’matika wa husna ‘baadatika wan as-aluka lisaanaa shoodiqon wa qolban saliiman wa khuluqon mustaqiiman wa na’uudzu bika min syarri maa ta’lamu wan as-aluka min khoiri maa ta’lamu wa nastaghfiruka mimmaa ta’lamu innaka ‘allaamul ghuyuub,
"ya Allah sungguh kami memohon kepadaMU akan keteguhan dalam segala urusanku dan kami memohon kepadaMU akan ketetapan hati dan kami memohon kepadaMU untuk selalu dapat mensyukuri karunia nikmatMU, baiknya kami dalam beribadah kepadaMU kami memohon kepadaMU lidah (ucapan) yang benar, hati yang selamat, budi pekerti yang lurus. Dan kami memohon kepadaMU dari kejahatan yang Engkau ketahui dan kami memohon kepadaMU akan kebaikan yang Engkau ketahui, dan kami memohon kepadaMU ampunan dari yang Engkau ketahui. Sungguh, Engkau yang maha mengetahui akan segala yang gaib."

Puisi Untukmu.

walau kadang bayangannya hadir, tapi mimpiku lebih menguatkanku untuk memilihnya esok

karena aku yakin, mimpiku adalah jawabah atas curahan hatiku selama ini padaNya, curahan hati yang ku panjatkan di sujud malamku, untukmu dan untukku

maaf,keputusan ini kuambil bukan karena ku tak ingin, justeru ini kuambil karena kuingin kau ada selama waktu masih menemani hidupku. y Allah,kuatkan ku dan kuatkan ia selama ku menjalankan usaha meraih mimpi itu

saat ini, aku hanya ingin memperbaiki diri untuk lebih baik.. karena aku tak ingin mengecewakanmu nanti ketika waktu yang tepat itu tiba. Aku ingin menjadi ahli surga karena memuliakanmu

No comments: