Monday, July 12, 2010

Pentingnya Pendidikan Islam

pentingnya pendidikan islam mungkin dapat dipahami secara baik jika memperhatikan kembali wahyu yang pertama yang turun kpd nabi Muhammad saw.kata pertama dari wahyu itu adalah iqra' yang berarti bacalah .
Iqra' adalh sebuah kata yang sagat menyeluruh.ayat ini telah memeritahkan nabi Muhammad saw dan pengikut beliau untuk membaca,menulis, memahami,
berbagi menyebarkan dgn segala kemampuan yang di miliki.
Kata iqra' di ulangi? Pada wahyu pertama ini utk menekankan bobot pentingnya.
Adalah mengagungkan bahwa tujuan untuk megajar dan proses pelajaran di ucapkan sebagai sebaga 'qalam' atau pena.seseunggunya pena adalah suatu hadiah
yang mulia dari allah swt kpd umat manusia.

Hanya manusia yang mendapat perlakuan kusus,kemampuan dan kehormatan utk menulis atau merekam pemikiran dan gagasan mereka.
Dgn cara ini umat manusia mendpat manfaat dr pekerjaan orang? Yg sebelumnya atau memariskan pekerjaan yg di capai oleh mereka kpd generasi yg akan datang.
Tentu saja rekaman audio dan video adalah alternative yang modern dari suatu pena.bagaimana dan sejak kapan kah proses belajar mengajar dimulai ? perlu diketahui bahwa perintah pertama kpd nabi Muhammad saw adalah memajukan pendidikan, seperti firman allah swt dalam surat "ash shuara 214"

وَأَنذِ رْعَِِيرَتَكَ اْلأَقْرَبِينَ"

Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yg dekat,
oleh krenanya,proses pendidikan harus dimulai dr kuluarga kt sendiri
pada kenyatannya ini merupakan cara yg dilakukan oleh seluruh nabi dan rasul .
allah swt juga berfiman kpd orang beriman dlm al qur,an."at tahrim 6".

يَأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُ اْ قُُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْليِكُمْ نَارً"

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah drmu dan keluargamu dr api neraka.
Para sahabat bertanya kpd nabi Muhammad saw,"bagaimana kt menyelamatkan keluarga kt dari api neraka ?'' rasulullah saw berkata "degan
memberi mereka pendidikan islam."

Degan cara yg ssama allah swt telah memerintahkan kt dan keluarga kt untuk mendirikan sholat dgn sagat teratur."q s.toha 132"

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَوةِ وَاصَطَبِرْ عَلَيْهَا"

Dan perintahkan kpd keluargamu medirikan sholat dan bersabarlah
kamu dalam mengerjakannya.
Karenanya pendidikan dan aplikasi harus didmulai dr keluarga? Kt sendiri.
pendidikan seperti ini akan mempunyai akar yg kuat karena angota keluarga lebih mengenali ketulusan kt dan usaha mulia lainya.

Oranglain mencap kt orang munafik atau gila.
Apkah tujuan yg paling utama dr nenek moyang kt di dalam hidup mereka ? dlm rangka mencari suatu jwban bagi pertanyaan ini, baikl;ah kita perhatikan peristiwa yg bersejarah ketika nabi ibrorim as membagun rumah allah swt di mekah.
Meyelesaikan tugas ini, mereka lebih merendahkan dirinya lagi dgn memanjatkan permohonan penting berikut ini,
"q s.al baqorqh 128"

رَبّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَينِ لَكَ وَمِنْ ذُ رِّيَّتِنَاَ أُمَّةً مُسْْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا’أِنَّكَ أَنْتَ العَزِيزُ الْحَكِيمُ"

Ya tuhan kami,jadikan kami berdua orang yg tunduk atuh kpd engkau dan (jadikanlah)di antara anak cucu kami umat yg tunduk patuh kpd engkau dan tunjukkanlah kpd kami cara-cara
dan tempat? Ibadah haji kami, dan terimalah toubat kami Sesungguhnya engkau yg maha penerima taubat lagi maha penyayang.
Karenanya tujuan nenek moyang kita adlh untuk memperoleh pendidikan dan utk mengajarkan nya kpd anak? Mereka sehinga mereka bisa bersungguh-sunguh bersikap tunduk kpd kehendak allah swt.
Dlm rangka mencapai tujuan ini , mereka memanjatkan do,a yg historis ini,al baqaroh "129"

رَ بَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولاً مِّنْنْهُمْ يَتْلُواعَلَيْهِمْ ءَايَتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَبَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ،إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُالْحَكيمُ"

Ya tuhan kami,utulah utk mereka seorang rasul dari kalangan mereka,yg akan membaca kpd ayat-ayat engkau,dan mengajarkan kpd mereka al ktb (al qur,an) dan al hikmah (as-sunah) serta mensucikan mereka .
Sesungguhnya engkaulah yg maha perkasa lagi mahabijaksana .
Allah swt mengabulkan doa nenek moyang kita ini, dan megirim nabi Muhammad saw utk menyelesaikan tujuan pendidikan tersebut.
Perhatikan bahwa diantara semua karunia allah swt kpd umat manusia, kebaikan yg paling utama adlh memberi petunjuk kpd hambanya.
Allah swt mengingatkan kita atas kebaikan nya di dalam'' surat ali imron 164''

لَقَدْمَنَّ اللهُ عَلَى الْمُؤْ مِنِيْنَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُوالاً مِّنْ أَنْفُسِمْ يَتْلُوا عَلَيْهِمْ ءَايَتِهِ,وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِِتَ وَالْحِكْمَةَ وَإِ نْ كَا نُواْ مِنْ قَبْلُ لَفِى ضَلَلٍ مُّبِينٍ"

Suguh allah telah membera karunia kpd orang-orang yg beriman ketika allah mengutus di antara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yg membacakan kpd mereka ayat ayat allah,membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kpd mereka al kitab dan al hikmah dan sesungguhnya sebelum (kedatangan nabi) itu. Mereka adlh benar? Dalam kesesantan yang nyata.
Mari kita teliti bagaimana nabi muhammad menyelesaikan sasaran dan tujuan ini. Nabi muhammad saw segera membagun masjid nabawi di madinah setelah hijrahnya dari mekah ke madinah .
Cukup lama masjid ini tdk beratap karena ketiadaan sumber daya keuangan. Para sahabat nabi muhammad saw shalat didalam masjid ini dibawah panas terik matahari dalam jangka waktu lama.
Kita mencatat bahwa pada waktu itu suatu ruangan di masjid itu telah dikususkan utk proses belajar mengajar.
Banyak dari para sahabat ygtinggal di ruangan ini siang dan malam.
Mereka tdk hanya melakukan kegiatan belajar megajar saja tetapi juga makan dan tidur disana.
Dr. Hameedullah menyebutnya sebagai suatu universitas pesanteren.
Mari kita lihat bagaimana universitas ini beroperasi pada waktu itu.
Kita mencatat bahwa sekali waktu saad bin ubada ra mengundang delapan puluh siswa dari dari universitas ini utk di undangmakan malam .
Ini menujukan bahwa banyaknya jumplah siswa adalh sagat besar dan orang? Kaya membantu institusi dalam cara apapun yg mereka mampu.
Kita juga mencatat bahwa muadh bin jabal ra memberikan terlalu banyak derma sehingga terlibat hutang. Oleh kerena itu ia harus menjual rumah nya untuk membayar hutangnya.sehinga dia tdk mempunyai tempat tinggal.kerena keadan ini ia hrs tinggal di universitas ini.
Tetapi bagaimanapun,ia tdk mau menjadi beban yg takperlu bagi unKita juga mencatat bahwa muadh bin jabal ra memberikan terlalu banyak derma sehingga terlibat hutang. Oleh kerena itu ia harus menjual rumah nya untuk membayar hutangnya.sehinga dia tdk mempunyai tempat tinggal.kerena keadan ini ia hrs tinggal di universitas ini.
Tetapi bagaimanapun,ia tdk mau menjadi bebanyg takperlu bagi universitas itu. Kemudian
Kemudian ia ditugaskan utk menjaga kebun kurma yg belum matang,sumbagan dr penduduk bagi universitas.
Kerenanya ,semua orang hrs menbantu kegiatan institusi dlm bentuk apapun yg bisa di lakukan.kita bisa tambahkan disini bahwa ketika muadh bin jabal dilantik menjadi gubernur yaman,ia di perintah oleh nabi saw utk membagun lembaga pendidikan di tiap kota dan memastikan bahwa lembaga? Ini berjalan dgn produktif.

Para siswa tinggal di universitas hanya karena kecintaan mereka utk belajar.
Sebagai contoh'' Abdullah bin umar ra mengangap wtk perjalanan atara quba dan madinah terbuang sia-sia, maka ia lebih menyukai utk meninggalkan rumah dan orang tua nya dan tinggal di pesantren.
Terakhir kt mencatat bahwa ada siswa dari universitas ini yg meniggal.
Mereka menemukan dua dinar di dalam sakunya ketika pemakaman sedang di siapkan. Nabi saw memperlihatkan suatu tanda kejelekan dan berkata;''seseorang yg memiliki dua dinar tdk layak makan Cuma? Di dalam universitas ini .

Ini memberi pelajaran kpd kita bahwa tak seorangpun diijinkan utk mengambil keutungan yg tak pentas dar berbagai fasilitas institusi pendidikan. Ini memberi kita beberapa masukan tentang cara berfungsinya unifersitas pesantren pada masa nabi saw. Semua rincian ini didapat dari kuliah dr. hameedullah di universitas bahawalpur.

Suatu hari nabi saw keluar dari rumahnya menuju masjid dan menemukan dua kelompok sahabatnya di dalam masjid itu. Satu kelompok sibuk berdzikir kpd allah swt,sedang kelompok yg lain sibuk dgn proses belajar mengajar antara mereka.kedua kelompok bersugguh? Melakukan kegiatan yg menguntungkan . tetapi bagaimana nabi Muhammad saw lebih meyukai utk bergabungdgn orang yg sedang dlm proses belajar mengajar. Hal ini menunjukan kecintaan dan pentingnya pendidikan islam did lm pikiran beliau.beliau biasa bersabda;''aku tdk ingin ada hari berlalu dimana aku tdk mempelajari sesuatu hal yang baru.''

Para siswa di universitas pesantren madinah ini di sebut as'hab-us-suffah.
Kita lebih lanjut mencatat bahwa ketika perang badar beberapa tawanan perang tdk bisa membayar tebusan.kemudian nabi meminta masing? Di antara mereka utk memberi pengajaran kpd sedikitnya sepuluh orang islam sebagai tebusan mereka.beliau tdk ragu? mengunakan guru non muslim ketika jumplah guru islam tidak tersedia.

Pada suatu ketika seorang anak laki? Berumur 9 thn sedang menaiki punggung nabi saw.nabi saw bersabda kepadanya ;''hai anak muda, beri aku kesempatan memberimu kata-kata bijak.jika segala sesuatu dan semua orang berkumpul bersama-sama utk memberi manfaat bagimu,mereka tdk akan bisa memberi manfaat bagi kamu kecuali apa yg allah telah tetapkan untukmu.begitu pula jika segala sesuatu dan semua orang berkumpul utk merugikan kamu,mereka tdk akan bisa merugikan kamu kecuali allah swt telah tuliskan untukmu.

Kita heran mengapa nabi Muhammad saw memberi pengajaran kata-kata bijak setinggi itu kpd anak semuda dia.sesungguhnya,nabi Muhammad saw benar-benar memahami potensi para pemuda .nama anak muda ini adalah Abdullah bin abas ra.sebagai hasil ajaran ini,Abdullah menjadi salah satu anggota dewan penasehat bagi umar ra ketika kekalifahan islam telah menyebar luas kebeberapa benua. Anak muda inilah yg menjalankan segala urusan harian dr kekalifahan islam yg sagat besar ini.angota lain dari dewan penasehat adalah paa sahabat nabi Muhammad saw yg jauh lebih tua. Mereka merasa canggung dgn adanya anak muda ini sebagai rekan mereka.umar ra merasakan keberatan ini .kemudian ia bertanya kpd mereka''apa pendapat anda tentang situasi ketika surat an nasr diturunkan.?''

Mereka menjawab bahwa itu menyangkut penaklukan mekah ketika sejumplah besar orang? Masuk agama islam .umar ra menanyakan pertanyaan yg sama kpd Abdullah bin abas ra. Abdulah berkata;''aku berfikir itu mengingatkan bahwa misi dari nabi Muhammad saw telah hamper terpenuhi dan beliau akan meninggalkan kita.''umar ra menjawab;''aku perpendapat yg sama.''kita lebih lanjut mencatat bahwa ini adalh surat terakhir yg diwahyukan kpd nabi saw secara lengkap dansetelah turunya wahyu ini nabi saw mengubah dzikirnya dari;

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِه سُبْحَانَ الله الْعَضِم

Menjadi;

سُبحَانَ الله وَبِحَمْدِه أسْتَغْفِرُالله وَ أتُو بَإلَيك
.
Kita mengetahui bahwa nabi yusuf biasa memberikan pendidikan kpd para narapidana lainya ketika di penjara .kerenanya proses belajar mengar harus terus menerus dilakukan .
Seharusnyaa,suatu pertanyaan timbul di benak kita;''apa yg kita peroleh degan menuntut dan menyampaikan pendidikan islam ?''allah swt berfirman didalam al qur,an ath trur 21''

وَالَّذِ ينَ ءَامَنُواْ وَاتَّبَعَتْهُم ذُ رِّيَّتُهُم بِإِ يمَنٍ أَلْحَقْنَا بِهِم مِّنْ عَمَلِهِم مِّن شَىْ ءٍ ،كُلُّ امْرِ ئِ,بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ"

Dan orang orang yg beriman, dan yg anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, kami hubugkan anak cucu mereka degan mereka, dan kami tiada megurangi sedigitpun pahala amal mereka .tiap-tiap manusia terikat degan apa yang dikerjakan-nya.

Degan kata lain , jika anak? Teryata masuk kesurga dgn terikat yg lebih rendah dibanding org tua mereka, kemudian orang tua berharap bahwa keseluruhan keluarga dipersatukan didalam surga . allah swt berjanji disini utk mempersatukan mereka ,dgn syarat bahwa anak? Mempunyai iman sebaik orang tua mereka dan bahwa mereka mengikuti jejak orang tua mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Abu hurairah ra meriwayat kan bahwa nabi Muhammad saw bersabda;
''sebagia orang akan mendapatkan diri mereka di dalam tingkatan surga
Yang sagat tinggi.mereka ingin tahu bagaimana mereka bisa mencapainya tingkatan sangat tinggi ini , karena amal perbuatan mereka bukanlah yg sagat tinggi.
Allah swt akan berkata kpd mereka ,''kamu meninggalkan anak? Yg selalu berdo,a untukmu ,dgn setiap do,a yg mereka panjatkan, tingkatanmu di surga naik lebih tinggi dan semakin tinggi,''(musnad ahmad).

Semoga catan yg terakir ini mengigatkan kit semua pentingnya mendidik anak? Menjadi anak yg sholeh dan sholekah.
Mohon maaf yg sebesar-besar nya jika catatan ini tdk berkenan di hati anda.
Sebelum ditutup lebih baik kita berdo,a dulu dan semoga kita semua bisa isti khomah dalam menutut ilmu walaupun hanya di fcbk atau media? Yg lain.
Igat hanya ilmu kita menjadi orang yg berbakat
Igat karena ilmu kita naik derajat didunia sampai akhrat.
Igat karena ilmu bahagia dunia akhirat.

Mari kita merung sebentar mehon ampunan,dan berdo,a….
ya tuhanku,bYerilah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam gologan orang-orang yg sholeh.,dan jadikan aku buah tutur yang baik bagi orang-orang yg datang kemudian.,dan jadikanlah aku trmsk orang-orang yg mempusakai surga yang penuh kenikmatan.

Ya allah tambahkanlahkepadaku ilmu pengetahuan dan berilah pengertian yg mudah''.
Ya tuhanku sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri
karena itu ampuni aku.
Ya tuhanku,anugrahkanlah kepadaku,seorang anak yg termasuk
orang-orang yang sholeh.
Ya tuhanku,tunjukilah aku untuk meyukuri nikmat engkau yg telah engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yg sholih yg engkau ridhoi,berilah kebaikan kepadaku degan .memberi kebaikan,kepada cucuku.sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

Ya tuhan kami,sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami,sesungguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu.
Ya tuhanku kami, beriknlah kepada kami kebahagiaan dunia dan akhira
Serta hindarkanlah dari siksa neraka.''

Ya tuhanku,ampunilah aku,ibu bapakku,orang-orang yg masuk kerumahku degan beriman laki-laki atau perempuan.''
Ya allah bisaafaati nabiyullah mohammad saw kabulkan do,a-do,a kami
Semua…
Dan semoga rahmat allah atas tuan kami nabi muhammad saw,
Keluarganya dan sahabatnya dalam keselamatan
Dan segala puji bagi allah seru sekalian alam..
Amiin ya robbal alaamiin.


وباالله التّوفيق والهداية
واسّلام عليكم ور حمةالله وبركاته

No comments: