Thursday, August 28, 2008

SURAT PEMBUKA DAN PENUTUP AL-QUR'AN

Pada surat pembuka (Al-fatihah) dari Al-qur'an pertama sekali kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT. seharusnya apapun yang akan kita lakukan harus dimulai dengan membesarkan nama Allah SWT.

Kemudian pada surat pembuka Al-qur'an ini kita memohon dua hal kepada Allah SWT, pertama memohon pertolongan-Nya dan kedua agar kita di tunjukinya jalan yang lurus. Kedua aspek ini sangat utama bagi manusia untuk meraih keberhasilan baik didunia maupun diakhirat.

Bilamana seseorang berusaha untuk mencapai kedua hal ini, setan juga melakukan usahanya yang terbaik untuk menggoda. setan menggoda dalam dua cara, pertama dengan membuat rencana dan strategi untuk menjatuhkanhamba Allah SWT yang patuh ini. kedua dengan cara membisikkan pikiran jahat ke dalam hati manusia. qur'an surat yusuf ayat 5 :
" sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagi manusia."

Dan didalam surat As-shad ayat 82-83 yang artinya:
" Iblis menjawab:" Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka.

Allah SWT telah membekali kita dengan alat yang amat ampuh untuk memerangi setan dan pengikutnya dalam bentuk dua surat terakhir dalam Al-qur'an.

Hafiz Ibnu Al-Qoyyim RA mengatakan bahwa kedua surat ini mengandung manfaat dan rahmat yang luar biasa kepada manusia. Kedua surat ini mengusir pengaruh sihir serta gangguan fisik dan mental lainnya. sebenarnya manusia membutuhkan perawatan dan pengobatan dari gangguan fisik dan mental ini lebih banyak dari pada kebutuan bernafas, makan, serta pakaian. Bila tidak dibebaskan dari kesusahan ini, kehidupan seseorang akan sangat menderita walaupun segala kesenangan duniawi tersedia untuknya. Bahkan Rasulullah SAW pernah terkena pengaruh sihir.

Aisyah RA meriwayatkan bahwa seorang munafik mengirim sihir kepada Nabi Muhammad SAW. Akibatnya Muhammad SAW menjadi sakit, bentuk penyakitnya ini menyebabkan Nabi merasa seolah telah menyelesaikan suatu pekerjaan, padahal hal itu belum dikerjakannya. jadi hal ini menyebabkan sifat pelupa.
Suatu hari Nabi Muhammad SAW bersabda kepada Aisyah RA, ' Allah SWT telah memberitahuku penyebab penyakit ini". Beliau menambahkan," Dua orang mendatangiku didalam mimpiku. Satu orang duduk didekat kepalaku dan satu orang di dekat kakiku.Orang yang dekat kepalaku bertanya kepada yang lainnya, penyakit apakah yang mengenai muhammad SAW? Ia menjawab: " Muhammad SAW terkena pengaruh semacam siihir. orang pertama bertanya, siapa yang melakukan sihir itu ? Ia menjawab " Labeed bin Asam, seorang munafik yang juga teman orang-orang yahudi. orang pertama bertanya, bagaimana cara dia melakukan sihirnya? Ia menjawab dengan menggunakan sisir berikut geliginya. orang pertama bertanya,Dimanakah sisir itu ? Ia menjawab.'sisir itu dibungkus suatu pembungkus dan dikubur dibawah batu dalam sumur Zarwan.

Nabi Muhammad SAW pergi ke sumur itu dan mengambil sisir tersebut. Nabi Muhammad menjadi sembuh kembali. (HR. Bukhori)

Didalam surat Alfalaq kita lihat perlindungan Allah SWT secara spesifik terhadap tiga hal:

(a) Dari kejahatan malam ketika kegelapannya turun, hal ini karena diwaktu malam jin,setan, binatang buas,serangga,pencuri,dan musuh musuh mulai beraksi. sihir juga lebih efektif di waktu malam , datangnya fajar menurunkan keampuhan pengaruhnya.

(b) Dari kejahatan tukang sihir, ketika mereka meniup pada buhul-buhul.Hal ini sangat merusakkarena orang yang berada di bawah pengaruh sihir biasanya tidak menyadari adnya sihir yang dikirim kepada dirinya, Ia terus menerus mencari obat untuk penyakit yang dideritanya.

(c) Dari kejahatan yang cemburu. Ada orang yang cemburu terhadap kesuksesan orang lain. Misalnya setan yang cemburu terhadap Adam dan Hawa.
dengan membaca surat Al-falaq melindungi kita dari kejahatan-kejahatan tersebut diatas dunia ini.

Ibnu katsir berkata bahwa setan mengikuti setiap orangdan dia selalu mencoba untuk membuat dosa menjadi menarik hatiorang tersebut. bila setan dalam percobaan ini ia mencoba untuk menimbulkan riya dan kesombongan dalam berbagai bentuk ibadah yang dilakukan seseorang. Oleh karena itu setan melakukan segala cara untuk merusak rohani seseorang. Hanya Allah SWT yang bisa menyelamatkan kita dari kejahatan setan. Dengan membaca surat An-Nas akan memberikan perlindungan Allah SWT.

Anas RA meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, " Suatu malam Aku sedang berjalan dengan istriku Saffiya RA. Dua orang sahabatku berpapasan denganku di perjalanan. Aku hentikan mereka dan kuberitahu bahwa istriku Saffiya RA bersamaku.Mereka berkata,' Ya Rasul, Kami tidak mempunyai prasangka buruk apapun di dalam hati kami," Aku menjawab mereka ' setan bisa saja memasukkan keraguan kedalam hatimu.''
Oleh karena itu kita harus selalu membuat persoalan menjadi jelas kepada orang lain agar keraguan tidak terjadi diantara kita. Hal ini bisa mengalahkan setan.

Kedua surat terakhir ini adalah pelindungkita dari setan, dan bisa melindungi kita dari berbagai kejahatan jasmani maupun rohani.

Pembukaan maupun penutup Al-qur'an sungguh-sungguh sangat menakjubkan.

No comments: