Thursday, August 28, 2008

Ciptaan Yang Sangat Menakjubkan

Suatu hari saya membaca Al-qur'an ayat 57 dari surat Ghafir ( mukmin)yang terjemahannya " sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Saya tahu bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia dengan cara yang menakjubkan dan bermacam- macam sistim dari tubuh manusia bekerja dalam harmoni yang indah antara yang satu dengan yang lainnya. Sesungguhnya tubuh manusia adalah bentuk mini dari alam semesta dan kompleksitas keseluruhannya berada diluar jangkauan kita.

Ayat Al-qur'an tersebut diatas, bagaimanapun menyadarkan saya bahwa penciptaan langit dan bumi tentu lebih maha besar dari pada penciptaan manusia. Saya segera mulai memfokuskan lebih banyak lagi perhatian terhadap berbagai ayat(bukti)dari Allah SWT di alam semesta ini.

Dalam tulisan ini saya ingin menyebutkan beberapa kebesaran tersebut. Bukti-bukti ini adalah tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang terjadi tepat di depan mata kita setiap hari dan setiap malam. Akan tetapi, kita melihat hal-hal ini dengan tanpa peduli dan sembrono walaupun terdapat sangat banyak petunjuk serta ilham bagi kita dalam bukti-bukti ini.

Sebagai contoh dalam Al-qur'an surat Qaaf ayat 6-11. yang terjemahannya yaitu
" Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada diatas mereka bagaimana Kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit-langit itu tidak mempunyai retak-retak sedikitpun? Dan kami hamparkan bumi itu dan kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata,untuk menjadi pelajaran dan peringatan bagi tiap-tiap hamba yang kembali.Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang di ketam,dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun, untuk menjadi rezki bagi hamba-hamba, dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati,seperti itulah terjadinya kebangkitan.

Dan contoh lain juga dalam surat Yasin ayat 33-40 yang terjemahannya yaitu:
" Dan suatu tanda bagi mereka adalah bumi yang mati. kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan daripadanya biji-bijian, maka daripadanya mereka makan.Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat makan dari buahnya,dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka.Maka mengapakah mereka tidak bersyukur? Maha suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya,baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui. Dan suatu tanda bagi mereka adalah malam;Kami tinggalkan siang dari malam itu maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan. Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetepan yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah,sehingga kembalilah dia sebagai tanda yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahri mendapatkan bulan, dan malampun tidak dapat mendahului siang.Dan masing-masing beredar pada garis edarnya".

Alangkah banyaknya tanda-tanda yang teramat jelas bagi kita di alam semesta yang luas ini. Qur'an surat al-baqaroh ayat 164 yang terjemahannya:

" Sesungguhnya dalm penciptaan langit dan bumi silih bergantinya malam dan siang,bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia,dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah matinya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan,dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh tanda-tandsa bagi kaum yang memikirkan.

Penciptaan malam dan siang,serta pergantian antara malam dan siang nyata sekali dilihat oleh semua orang tetapi hanya dilihat sebagai acara rutinitas keseharian. Allah SWT memperingatkan kita didalam Al-qashas ayat 71-73 yang artinya:

"Katakanlah:"Terangkanlah kepadaku,jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain ALlah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?" katakanlah: " terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan siang itu terus menerus sampai hari kiamat,siapakah tuhan selain Allah yang mendatangkan malam kepadamu yang kamuberistirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan? " Dan karena Rahmatnya Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari Karunia-Nya dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.

ya,tidak diragukan lagi penciptaan langit dan bumi adalah jauh lebih kompleks dan bahkan jauh lebih menakjubkan daripada penciptaan manusia. Allah SWT menekankan fakta ini bahwa Ia yang menciptakan alam semesta yang teramat kompleks ini tentu saja bisa menghidupkan kembali manusia dari tulang belulang yang sudah hancur dan daging yang sudah membusuk.
Akhirnya dalam surat Al-ahqaf ayat 33. yang artinya:

" Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan langit dan bumi dan Dia tidak merasa payah karena menciptakannya, kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Karena kita mengagumi penciptaan langit, bumi dan dengan teguh meyakini kebangkitan manusia di akhir zaman,dan pertanggung jawaban kita terhadap semua perbuatan di hari pengadilan.

Saya rasa cara terbaik untuk mengakhiri tulisan ini adalah dengan mengutip Al-qur'an surat al-jatsia 36-37 yang artinya:
" Maka bagi Allah-lah segala puji, tuhan langit dan tuhan bumi, Tuhan semesta alam, dan bagi-Nyalah keAgungan dilangit dan dibumi, Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana ".

smoga tulisan ini bermanfaat buat saya pribadi, dan orang2 yang berkesempatan untuk membacanya...

No comments: